Salam pramuka

Dua periode sudah Kak Azrul, begitulah sapaan beliau, terpilih menjadi Ketua Kwartir Nasional, sebagaimana hasil MUNAS tahun 2003 beliau terpilih begitupun hasil MUNAS tahun 2008 ini beliau terpilih untuk kedua kalinya. Nah… untuk mengetahui siapa sebenarnya Kak Azrul itu simaklah tulisan dibawah ini.
Azrul Azwar terlahir di Kotacane, Aceh Tengara pada tanggal 6 Juni 1945. Setelah pada tahun 1972 meraih gelar Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan memperdalam Ilmu Kedokteran Spesialis di kampus yang sama, pada tahun 1977 Kak Azrul terbang ke Honolulu, Hawaii guna menuntut ilmu dan melengkapi gelar MPH di School of Public Health University of Hawaii. Tak selesai sampai di situ saja, pada tahun 1991-1996 Kak Azrul menimba ilmu kembali dan memperoleh gelar Doctor dalam Ilmu Kedokteran dengan hasil “Judisium Cumlaude”.
Kak Azrul memiliki kegemaran menulis, pengalaman sebagai Pemimpin Redaksi beberapa kali dijalaninya seperti pada Majalah Kesehatan Masyarakat Indonesia-Jakarta. Jabatan itu sudah ditekuninya sejak tahun 1984 hingga sekarang. Ia juga tercatat sebagai Konsultan World Health Organization (WHO) dan Council Member pada Medical Association of ASEAN.
Meski dirinya memiliki latar belakang pendidikan kedokteran, namun dunia kepramukaan bukan dunia baru baginya. Kak Azrul pernah menjabat sebagai Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Bakti Husada Tingkat Nasional (1998-2003) dan sempat pula menjadi Andalan Nasional Gerakan Pramuka sejak tahun 1998. Di luar Gerakan Pramuka, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini, tercatat aktif sebagai pengurus di 15 (lima belas) organisasi.
Prof. DR. Dr. H. Azrul Azwar, MPH terpilih kembali sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2008-2013 pada MUNAS VIII Gerakan Pramuka di Jakarta dan telah dikukuhkan oleh Presidium Sidang, dihadapan peserta MUNAS.

Salam pramuka

Sumber :
– Catatan Purna anggota DKN BTI