Salam pramuka

Saya teringat ketika menyelenggarakan seleksi anggota Dewan Kerja Cabang dan pada salah satu pertanyaaan yang kami buat ada pertanyaan “sebutkan perbedaan dari Pramuka, Kepramukaan dan Gerakaan Pramuka?” Nah… untuk itu, saya harap pernyataan diawah ini bisa menjawab pertanyaaan tersebut.

Pramuka adalah sebutan bagi peserta didik Gerakan Pramuka untuk Golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega (Bab I Peraturan 4 butir l PP Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka)
Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur (Bab III Pasal 7 Ayat (1) Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka)
Gerakan Pramuka adalah organusasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, tidak membedakan suku, ras, golongan dan agama (Bab III Pasal 7 Ayat (2) Anggaran Dasar Gerakan Pramuka)

Jadi dari pengertian Pramuka, Kepramukaan maupun Gerakan Pramuka diatas dapat didefinisikan secara singkat, yakni : Pramuka adalah peserta didiknya, Kepramukaan adalah proses/sistem pendidikannya, sedangkan Gerakan Pramuka adalah organisasinya.
Nah, dengan demikian jelas sudah perbedaan Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Akhir kata, semoga artikel saya ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

Salam Pramuka

Sumber :
– Keppres No : 104/2004
– SK Kwarnas No : 086/2005
– SK Kwarnas No : 220/2007