Salam pramuka

Banyak dari rekan-rekan saya ingin mengetahui apa saja hasil MUNAS (musyawarah nasional) Gerakan Pramuka Tahun 2008. nah… semoga infoormasi berikut ini dapat berguna bagi kakak-kakak sekalian.

Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka telah dilaksanakan pada pada tanggal 14-18 Desember 2008, di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur. Salah satu agenda MUNAS yang sangat menarik perhatian adalah Bursa Pemilihan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2008-2013. Kwartir Daerah se Indonesia mengajukan beberapa Calon / Kandidat yakni : Ir. Aburizal Bakrie; DR. Adhyaksa Dault, S.H, M.Si; Jenderal TNI Agustadi P.S; Ny. Hj. Christiani Yudhoyono; Prof. DR. Dr. H. Azrul Azwar, MPH (Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2003-2008); Prof. DR. Bambag Sudibyo; DR. Fasli Jalal; Mayjen TNI (Purn) Mardiyanto; H.M. Masduki, M.Si; Prof. DR. Muh. Nuh; Parni Hadi; Sri Sultan Hamengku Buwono X; Letjen TNI (Purn) H. Surjadi Soedirdja
Dalam Bursa Pemilihan tersebut, Utusan 33 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se Indonesia secara aklamasi menetapkan Prof. DR. Dr. H. Azrul Azwar, MPH sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 2008-2013.
Pada tanggal 18 Desember 2008, Hasil-Hasil MUNAS Gerakan Pramuka 2008 disampaikan kepada Presiden R.I, Susilo Bambang Yudhoyono (selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka) di Istana Negara. Beberapa hal pokok yang menjadi perhatian adalah sebagaimana berikut :
– Dasar penyelenggaraan MUNAS 2008 adalah Keputusan Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2003, Nomor: 12/Munas/2003 tentang Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka 2008.
– Motto MUNAS adalah Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan dengan tema Revitalisasi Gerakan Pramuka Mewujudkan Kaum Muda Mandiri dan Cinta Tanah Air.
– Tempat MUNAS di Kompleks Lemdikanas Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Jakarta pada tanggal 15-18 Nopember 2008.
– Peserta MUNAS berasal dari 33 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan total jumlah sebanyak 332 orang dengan rincian 259 orang peserta dan 73 orang peninjau.
Hasil-hasil MUNAS adalah sebagai berikut :
– Penyempurnaan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka, yang sesuai dengan Revitalisasi, lebih menekankan pada peningkatan satuan organisasi yang bertanggungjawab menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, baik untuk anggota muda maupun anggota dewasa
– Pengesahan Rencana Strategis tahun 2009-2014, yang untuk 5 (lima) tahun kedepan lebih ditekankan pada pelaksanaan fungsi pokok Gerakan Pramuka sebagai Lembaga Pendidikan Kader Bangsa
– Pemilihan Ketua Kwarnas, yang untuk masa bakti 2008-2013, terpilih kembali secara aklamasi Ketua Kwarnas yang lama
– Ditetapkannya penyelenggaraan temu giat berskala Nasional, yakni : Perkemahan Putri tahun 2009 di Sultra (Kwarcab Bau-Bau); Perkemahan Budaya tahun 2009 di Jawa Timur (Kab Pacitan); Perkemahan Wirakarya tahun 2010 di Nanggroe Aceh Darussalam; Jambore Nasional 2011 di Sumatera Selatan (OKI); Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional Tahun 2012 (LT.V-2012) di Jakarta; Raimuna Nasional tahun 2012 di Papua atau Jakarta dan MUNAS Gerakan Pramuka IX tahun 2013 di NTT
– Ditetapkannya prioritas temu giat berskala internasional yang akan diikuti, yakni : Jambore Asia Pasifik tahun 2009 di Philipina; Jambore ASEAN tahun 2010 di Malaysia dan Jambore Dunia tahun 2011 Norwegia.
– Lebih memantapkan organisasi dan program ASEAN Scout Association, yang kelahirannya dikembangkan dari gagasan Bapak Presiden.
– Diterimanya Saka Wira Kartika sebagai bagian dari Satuan Karya Gerakan Pramuka.
– Kwartir Daerah Tergiat Masa Bakti 2003-2008 yang dinilai berdasarkan Peningkatan Kinerja, yaitu : untuk Wilayah I dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara sebagai Kwarda Tergiat II; untuk Wilayah II denganKwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat sebagai Kwarda Tergiat II; untuk Wilayah III dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Timur sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Barat sebagai Kwarda Tergiat II; untuk Wilayah IV dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat sebagai Kwarda Tergiat II; untuk Wilayah V dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tenggara sebagai Kwarda Tergiat II; dan untuk Wilayah VI dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Papua Barat sebagai Kwarda Tergiat I dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku sebagai Kwarda Tergiat II
– Pemberian Penghargaan Lencana Tunas Kencana kepada Tokoh Gerakan Pramuka, yaitu : H. Soedirman (Alm) sebagai Waka Kwarnas 1973-1978; H. Koesno Utomo (Alm) sebagai KaKwarnari/Sesjen Kwarnas 1973-1978; Ki SS. Brotokusumo (Alm) sebagai Pelatih Pembina Pramuka; dan Hj. Nyi Moedjono Probopranowo, SH sebagai Annas Gerakan Pramuka
– Dalam MUNAS Gerakan Pramuka tahun 2008, telah menetapkan yang akan diberikan penghargaan tertinggi berupa Lencana Tunas kencana kepada : Prof. Dr. Koesnadi Hardjasumantri, SH, ML (Alm); Letjen TNI (Purn) H. Himawan Soetanto S.Sos, MM, M.Hum; Letjen TNI (Purn) H. A. Rivai Harahap; Mayjen TNI (Purn) Edi Mochamad Achir (Alm); Laksamana Pertama (Purn) Soendoro Syamsuri (Alm); Prof. Dr. Washington Pandapatan Napitupulu; Brigjen Pol. (Purn) Dra Paula Bataona Renyaan (Alm)
– Lencana Tunas Kencana adalah Tanda Penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka yang pernah diberikan kepada tokoh-tokoh Gerakan Pramuka, diantaranya kepada Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengkubuwono IX (Alm), Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno (Alm) dan Presiden R.I KeduaJenderal TNI (Purn) H.M Soeharto (ALm) yang telah berjasa dalam memberikan bimbingan, dukungan, dan bantuan yang amat besar artinya bagi perkembangan Gerakan Pramuka.
– Diharapkan dengan hasil-hasil MUNAS 2008, Gerakan Pramuka ke depan dapat memperoleh legitimasi sebagai lembaga pendidikan non formal kaum muda yang terakreditasi di Indonesia, sehingga Gerakan Pramuka dapat berfungsi sebagai lembaga pendidikan moral yang melahirkan calon pemimpin patriot pembangunan dan perekat bangsa dengan semangat bela negara.

Jakarta,
18 Desember 2008

Begitulah kurang lebih redaksinya yang saya dapatkan. Semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.
Informasi lebih lanjut hubungi : Karo Abdimas dan Humas, Septembri Yanti, 08129650663 dan Kabag Humas Kwarnas, Saiko Damai, 0813-10769003 e-mail : saiko_damai@yahoo.com

Salam pramuka

Sumber :
Catatan Purna anggota DKN BTI