Penyebab saya cukup lama vakum di dunia blog salah satunya tidak lain adalah Wikipedia. Wikipedia Bahasa Indonesia merupakan ensiklopedia bahasa Indonesia yang cukup banyak manfaatnya untuk kita. Situs tersebut dapat dengan mudah dilihat pada alamat http://id.wikipedia.org/. Awalnya saya hanya iseng untuk ikut ber’wiki’, sekedar ingin tahu. Sayangnya pada awalnya keingintahuan saya yang sedikit tersebut tidak mengajak saya untuk terus mengembangkan sayap, namun malah menyurutkan saya. Awalnya nggak ngerti (meskipun sekarang sebenarnya belum begitu ngerti banget juga sih… hehehe…)

, namun lambat laun banyak hal yang bisa saya petih dari situs Wikipedia Bahasa Indonesia. Disana saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan yang saya miliki, yang bagusnya adalah dengan mudah orang dapat mengoreksi kefalitan data yang saya tulis. Dan sebaliknya, saya juga bisa mengoreksi bahkan mengganti dengan tulisan yang sesuai dengan data dan fakta yang saya punya. Kita bisa belajar dan mempelajari seluruh bidang keilmuan di Wikipedia Bahasa Indonesia, atau Wikipedia bahasa lain.
Yang saya tahu, perusahaan Wikimedia yang berdiri di Amerika Serikat (ehem…ehem…) itu tidak hanya memiliki situs Wikipedia sebagai situs Ensiklopedia dunia, tetapi juga banyak situs seperti halnya situs http://id.wiktionary.org/ yang bisa digunakan sebagai kamus bahasa (translator), dan lain-lain.
Akhir kata, pesan sponsor, mari kita “BEBASKAN PENGETAHUAN 2011” dengan buka akun di Wikipedia, setidaknya di Wikipedia Bahasa Indonesia. Insya Allah bila ada halangan saya bisa membantu, tapi bila karena kekurangan yang saya miliki saya tidak bisa membantu saya akan sarankan dan pertanyakan hal tersebut dengan para Editor, Birokrat dan Pengurus Wikipedi Bahasa Indonesia.

Mau buat akun di Wikipedia Bahasa Indonesia (klik disini)

Proyek Wikimedia lain yang bihttp://www.blogger.com/img/blank.gifsa digunakan, antara lain : [en] Commons sebagai gudang media bersama, [en] Wikinews sebagai sumber berita bebas, [id] Wiktionary sebagai kamus dan tesaurus, [id] Wikibooks sebagai buku teks dan manual, [id] Wikiquote sebagai koleksi kutipan, [id] Wikisource sebagai naskah sumber bebas, [en] Wikispecies sebagai direktori spesies, [en] Wikiversity sebagai materi belajar bebas, [en] Meta-Wiki sebagai koordinasi proyek Wikimedia, [en] MediaWiki sebagai koordinasi MediaWiki, [en] Bugzilla sebagai penjejak bug MediaWiki, [en] Incubator sebagai calon versi bahasa baru, [en] Wikimania sebagai konferensi internasional, [en] Test Wikipedia sebagai uji coba perangkat lunak dan [en] Wikimedia Foundation sebagai humas Wikimedia Foundation.

Semoga bermanfaat.