Salam Pramuka

Bagi Kakak-kakak yang ingin juga memeriahkan kegiatan JOTA-JOTI terutama JOTI, tentu perlu IRC klien atau webchats. Salah satunya mIRC (yang kompetibel dengan OS Windows). Untuk itu kakak-kakak harus mengikuti tahapan-tahapan berikut ini. Mulai dari tahapan instalasi sampai dengan tahapan penggunaan.

Namun sebelum menggakan mIRC, Kakak perlu tahu dulu spesifikasi yang harus dipenuhi sebelum mIRC diinstall di komputer kakak. Spesifikasinya untuk mIRC v7.19 : Windows 2000/XP/Vista/7; tapi kalo Windows Kakak dibawah 2000 bisa gunakan mIRC v6.35.

Pertama Kakak harus men-download mIRC, untuk mIRC v7.19 (download), sedangkan mIRC v6.35 (download).

Double klik pada file yang didownload. Dan akan muncul jendela seperti terlihat diatas. Kemudian klik next

Jika Kakak ingin menginstal mIRC Kakak harus menerima lisensi, dan ketentuan yang berlaku dari mIRC. Jika kakak setuju maka tekan i agree.

Secara standar mIRC akan menempatkan programnya di Program Files/mIRC. Namun jika Kakak ingin mengubahnya, kakak bisa klik tombol browse dan klik next jika sudah selesai.





Klik next, next, install, tunggu sebentar dan klik finish

Jika keluar jendela, seperti diatas. Bersabarlah untuk menunggu tombol continue bisa di klik, biasanya hanya 30 detik.

Kemudian, akan terlihat jendela ini. Dan isi full name, email address, nickname & alternative dengan data diri Kakak.

Tapi sebelumnya, Kakak harus koneksikan server ke Scoutlink.net dengan cara : Klik menu “Connect”, kemudian “Server” dan cari tombol add, dan akan terlihat seperti dibawah ini.

Isi data sebagaimana tulisan dibawah ini.

Namun bagi kakak yang ingin menggunakan server lain bisa gunakan ; chat.eu.scoutlink.net, chat.nl.scoutlink.net, chat.de.scoutlink.net, eucalyptus.scoutlink.net, birch.scoutlink.net, fir.scoutlink.net, cypress.scoutlink.net, chestnut.scoutlink.net, osier.scoutlink.net, baobab.scoutlink.net, larch.scoutlink.net, beech.scoutlink.net, elder.scoutlink.net, balsa.scoutlink.net, cedar.scoutlink.net, maple.scoutlink.net, atau hazel.scoutlink.net. Salah satunya bisa kakak gunakan, tapi sebagian besar Pramuka, biasanya menggunakan server chat.scoutlink.net. Meskipun sebenarnya semuanya akan menuju pada server yang sama.

Tulislah #indonesian, jika Kakak mau berchatting ria menggunakan bahasa indonesia; #english, jika bahasa Inggris; #deutsch, jika bahasa belanda, dan masih banyak lagi.

Tunggu beberapa saat dan mIRC Kakak sudah siap dimainkan.

Demikian, terimakasih. Semoga bermanfaat.