Salam Pramuka…

Apa kabar rekan-rekan, sepertinya dalam beberapa hari lagi kita akan menemui kegiatan besar yang rutin diselenggarakan oleh Biro Kepanduan Sedunia Regional Asia-Pasifik yang bernama 7th Asia-Pacific Regional Air/Internet Jambore. Kalau menurut dugaan yang saya prediksi (hehe… meskipun saya bukan paranormal), tahun ini akan dipastikan kegiatan tersebut berjalan sangat meriah, mengingat ini merupakan tahun EMAS Gerakan Pramuka. Yang akan dirayakan oleh Pramuka diseluruh nusantara pada 14 Agustus mendatang.

Sepertinya pada tahun ini, saya akan ambil bagian lagi dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Akun yang akan aktif saya gunakan nantinya adalah Facebook, Twitter, Blogger, dan tidak lupa IRC-nya. Oh iya, ngomong-ngomong IRC mungkin ada kawan-kawan yang kelupaan dalam menggunakan IRC atau mungkin belum tahu cara menggunakannya.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk berchatting ria pada kegiatan ini. Tapi sebelumnya harus sudah dipastikan Kakak menggunakan / menginstal IRC yang sesuai yang kemudian memasukkan data yang disediakan, lalu terhubung deh… Selesai…

Berikut adalah data yang diperlukan untuk bisa berchatting ria via JOTI :

Nama Jaringan : ScoutLink
Port : 6667
Server : chat.scoutlink.net

Selain chat.scoutlink.net, server lain yang bisa digunakan adalah chat.eu.scoutlink.net (Gunakan ini jika Kakak berada di benua Eropa), chat.nl.scoutlink.net (Gunakan ini jika Kakak berada di Belanda), chat.de.scoutlink.net (Gunakan ini jika Kakak berada di Jerman), eucalyptus.scoutlink.net, birch.scoutlink.net, fir.scoutlink.net, cypress.scoutlink.net, chestnut.scoutlink.net, osier.scoutlink.net, baobab.scoutlink.net, larch.scoutlink.net, beech.scoutlink.net, elder.scoutlink.net, balsa.scoutlink.net, cedar.scoutlink.net, maple.scoutlink.net, atau hazel.scoutlink.net. Salah satunya bisa kakak gunakan, tapi sebagian besar Pramuka, biasanya menggunakan server chat.scoutlink.net.

Semua server telah mengaktifkan SSL. Menggunakan SSL mengenkripsi koneksi Kakak ke server, jadi tidak ada yang tahu data yang Kakak tulis selain Kakak send dan server yang bisa membaca data tersebut. Port yang digunakan adalah 6697.

Sedangkan IRC klien yang bisa digunakan adalah mIRC untuk OS Windows (hanya bisa Chatting) – cara menggunakan klik link ini (download); vIRC untuk OS Windows (bisa Bicara & VideoCall) – (download); AmIRC untuk OS Amiga – (download); Ircle untuk Macintosh (hanya bisa Chatting) – (download); XChat untuk Linux, Unix, Windows (hanya bisa Chatting) – cara menggunakan klik link ini (download for linux/unix atau download for windows). Diantara sekian banyak IRC Klien, saya hanya pernah menggunakan mIRC dan xChat saja.

Tapi bila Kakak tidak mau ambil pusing dengan menginstall berbagai aplikasi diatas bisa menggunakan webchats, seperti : Scoutlink Webchat, Mibbit, JAVA-Chat, CGI-IRC, dan lain-lain. Semua webchat sudah saya gunakan, dan bisa.

Nah, kalo Kakak susah chatting via Komputer Desktop / Laptop, jangan pusing atau nangis. Masih bisa kok chatting via HP (tapi hanya untuk HP OS symbian / java aja ya…) Bisa install aplikasi : jmIRC (download), vIRCa (download), wlIRC (download), k-IRC (download), dan mungkin masih banyak lagi.

Tapi saya hanya pernah mencoba menggunakan jmIRC, namun sebelum mengaktifkannya Kakak harus memastikan dulu bahwa pulsa + GPRS Kakak aktif.🙂 Ya, paling tidak dalam 3 hari tersebut ikutan paket lah untuk menghemat pulsa, hehehe…

Demikian yang bisa saya sampaikan, akhir kata saya ucaptan selamat ber JOTA-JOTI ria dan jangan lupa, kita chatting bersama🙂

Salam Pramuka…