Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar rekan-rekan pembaca ? Saya harap anda akan tetap semangat dan sehat selalu. Baiklah artikel kali ini sebenarnya sudah pernah dipublis dibeberapa blog, namun saya tambahkan beberapa diantaranya. Tentu kita pernah mendengar cerita bahwa (mohon maaf) kaum wanita itu lebih banyak yang menghuni neraka ketimbang kaum lelaki dan orang miskin itu lebih banyak masuk surga ketimbang orang kaya. Namun kali ini saya tidak akan membahas kesemuanya itu melainkan perihal mengenai kaum lelaki yang ditarik oleh wanita ke neraka.

Yang pertama adalah Ayah (Bapak)
Ayah dapat ditarik seseorang (anaknya) ke neraka apabila sang ayah tidak memperdulikan anak-anak perempuannya di dunia. Dengan kata lain sang ayah tidak memberikan pengetahuan tentang agama, seperti halnya mengajarkan sholat, puasa, berzakat, bergaul dengan bukan muhrimnya, dan sebagainya. Sang ayah membiarkan anak-anak perempuannya tidak menutup aurat (berhijab), melainkan hanya memberikan keperluan dan kemewahan dunia saja maka dia akan ditarik oleh anaknya ke neraka.

Kemudian yang kedua adalah Suami
Suami dapat ditarik oleh istrinya ke neraka apabila sang suami juga tidak memperdulikan perilaku istrinya. Membiarkan mereka bergaul bebas di masyarakat (diluar batas wajar), berhias diri bukan untuk suami semata melainkan agar menjadi pandangan kaum lelaki (atau dengan kata lain, agar segala yang dipakainya dapat dipandang bagus atau agar dilirik orang) yang bukan muhrimnya. Walaupun sang suami merupakan orang yang sangat shalih, maka diapun dapat ditarik oleh istrinya sendiri ke dalam neraka kelak.

Yang ketiga adalah Saudara laki-laki
Saudara laki-laki baik kandung maupun saudara tiri dapat ditarik pula ke dalam neraka apabila sang ayah yang seharusnya menuntunya itu telah tiada, dan saudara laki-lakinya itu tidak memperdulikannya. Apabila sang saudara laki-laki itu hanya mementingkan kehidupan keluarganya saja (anak dan istrinya) dan saudara perempuannya tersebut dibiarkan menyimpang dari Syariat Islam. Maka dia akan pula ditarik saudara perempuannya tersebut ke dalam neraka.

Yang Keempat adalah Anak Laki-laki
Anak laki-laki baik kandung maupun tiri dapat pula ditarik ibunya ke neraka apabila sang anak tidak memperdulikan kelakuan ibunya di dunia, tidak menasihati seorang ibu apabila telah melakukan suatu kemaksiatan (menyimpang dari Syariat Islam), maka anak itu akan dipertanggungjawabkan pula di akhirat.

Begitulah kehebatan kaum wanita yang tidak begitu banyak orang sadari, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karenanya, kaum lelaki yang menyandang gelar Ayah, Suami, Saudara laki-laki maupun Anak laki-laki harus memainkan perannya masing-masing. Mengingat kaum lelaki adalah pemimpin, sekurang-kurangnya untuk keluarganya sendiri. Allah SWT berfirman dalam Surah At-Tahrim (66) ayat 6 yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat untuk semua rekan-rekan yang sempat bersinggah ke blog saya.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.