Salam Pramuka

Apa kabar rakan-rekan Pramuka di seluruh Nusantara. Saya harap kakak-kakak masih tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Baiklah, kali ini saya tidak bermaksud menulis artikel sebagaimana biasa saya lakukan. Namun kali ini saya ingin mengajak kakak-kakak yang saya yakin banyak pengalaman terutama pengetahun kepramukaan, saya sangat ingin kita dapat berbagi untuk mengembangkan artikel kepramukaan di Wikipedia.
Hah ?? Wikipedia ?

Iya benar, kebetulan saya merupakan penulis sekaligus penyunting artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar. Dengan adanya situs Wikipedia itu saya berharap kakak-kakak dapat berpartisipasi dalam sebuah Proyek yang mulanya saya awali yang bernama ProyekWiki Pramuka. Proyek ini berawal dari keisengan saya melihat beberapa artikel di Wikipedia Bahasa Inggris. Memang di Wikipedia Bahasa Inggris merupakan Wikipedia dengan artikel terbanyak, namun yang membuat saya terbelalak adalah melihat sangat banyak pula artikel tentang kepramukaan yang tidak saya ketahui dapat saya jumpai disana. Bahkan Wikipedia Bahasa Inggris juga mempunyai portal sendiri mengenai Kepramukaan. Di Wikipedia Bahasa Indonesiapun akan dibuat kalau ProyekWiki Pramuka yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik.
Tentu kakak-kakak akan bingung. Apa sih keuntungannya menulis di Wikipedia ? Udah nama nggak kelihatan, terus nggak ada penghargaan lagi ? Kalau itu dibenak kakak-kakak, tentu kakak-kakak salah besar. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menulis di Wikipedia, salah satunya adalah mendapatkan wawasan yang super luar biasa banyaknya. Saya saja sampai tak bias menghapal seluruh artikel yang pernah saya buat, hahahaha….. Kalau nama memang tidak akan kelihatan secara gamblang di artikel Wikipedia, namun kakak-kakak jangan berkecil hati karena Wikipedia telah memasukkan setiap perubahan terbaru setiap artikelnya dan sekaligus penyuntingnya. Dan kalau bicara penghargaan, kakak-kakak akan dikejutkan dengan berlimpahnya penghargaan virtual yang akan kakak-kakak dapatkan, setiap penghargaan memiliki kebanggaan tersendiri dan satu hal lagi yang tidak banyak orang tahu bahwa seorang Wikipediawan/Wikipediawati (sebutan untuk pengguna Wikipedia) yang memang konsisten akan mendapatkan beasiswa juga dari Wikipedia. BEASISWA ??? Tidak tanggung-tanggung beasiswa itu akan didapatkan setiap tahunnya di Wikimedia Indonesia (Induk perusahaan Wikipedia Bahasa Indonesia). Beasiswa yang dijanjikan itu adalah keluar negeri dan bertemu berbagai Wikipediawan/Wikipediawati dari seluruh dunia. Luas Biasa. Setiap tahun.
Dan sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang tidak bisa dirasakan langsung. Heheheheh…. Kok kelihatannya saya jadi sponsorin Wikipedia ya ??? hehehe…. Ya udahlah, yang jelas intinya saya Cuma berharap kakak-kakak yang sudah senior maupun kakak-kakak yang masih junior (tuaan saya) mau dan ikut berpartisipasi dalam Proyek yang saya buat. Demi kemajuan pramuka kita. Dan demi 50 tahun Gerakan Pramuka.
Sepertinya sudah cukup panjang kali lebar kali tinggi saya menulis, cukup capek juga kalau menulis ini tidak ada minumnya, namun saying itu bisa membatalkan puasa. Dari pada saya batal puasa dan saya tidak dapat pahala. Lebih baik saya sudahi saja tulisan ini. Akhir kata semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menarik minat kawan-kawan di seluruh Nusantara. Amin.

Salam Pramuka