Panduan ini ditulis atas dasar permintaan salah seorang rekan saya di akun Facebook, Benny, admin dari blog Mapala Justitia yang ingin memigrasikan WordPressnya ke Blogger. Semula saya sedikit lupa-lupa ingat melakukan migrasi dari WordPress ke Blogger, pasalnya yang pernah saya lakukan adalah migrasi dari Blogger ke WordPress. Namun karena wordpress menurut saya cukup sulit di gonta-ganti templatnya, makanya saya kembali ke

Blogger. Hahaha… Al-hasil percobaan pun berhasil.

Berikut adalah beberapa tahapan memigrasikan WordPress ke Blogger :

Pertama, Login di akun wordpress Anda. Masuk ke dashboard, dan cari Tab Perkakas (Tools)
Kedua, Di menu itu Perkakas, pilih Export. Di tab itu pilih “export”. Pilih saja “semua isi” untuk melakukan penggunduhan seluruh isi (termasuk komentar blog). Lalu tekan tombol “Unduh Berkas Ekspor” (Download Export File). Dan simpan berkas tersebut.
Ketiga, Buka alamat ini : http://wordpress2blogger.appspot.com/ untuk melakukan perubahan berkas yang semula dari bahasa di WordPress ke bahasa yang dikenal di Blogger. Setelah terbuka tekan “browse” untuk mencari berkas unduhan dari WordPress Anda tadi, umumnya berekstensi .xml. Setelah itu tekan “convert” untuk melakukan perubahan tersebut. Simpan berkas tersebut.
Keempat, Sekarang masuk ke akun blogger Anda dan pilih menu Setelan. Pada bagian “Alat blog” terdapat pranala “Import Blog”, tekan itu.
Kelima, Setelah masuk ke tab Import Blog, tekan tombol “telusuri” (browse), masukkan berkas yang sudah di ubah (convert) tadi. Lalu tulis karakter yang dimaksud dan tekan tombol import blog. Tapi, sebelumnya jangan lupa centang “Terbitkan semua entri yang diimpor secara otomatis”. Tunggu beberapa saat. Dan nikmati hasilnya.

Nah, begitulah sepertinya beberapa tahapan untuk memigrasikan blog dari WordPress ke Blogger. Semoga bermanfaat.