Postingan yang baik adalah postingan yang tidak ditulis terlalu banyak, namun memiliki kualitas dan berbobot atau dengan bahasa lain adalah tulisan yang tidak melanggar hak cipta alias copas / plagiat / copy-paste. Semakin mudah membuat blog diartikan lain oleh segelintir mereka yang mencoba meraup keuntungan melalui hal ini. Tidak jarang blog dijadikan alat sebagai pencarian rezeki, ya… tidak salah memang,

namun tidak jarang dari blog-blog yang dimaksud itu memuat tulisan yang susah payah kita buat, bahkan mati-matian kita tulis. Nah… kenapa jadi jauh banget ya saya ngomongnya ? Hahaha…
Ya… kali ini saya tidak ingin terlalu jauh membahas sejauh mana membuat postingan yang baik atau postingan yang sulit di copas atau postingan copasan yang dapat terdeteksi. Namun kali ini saya mencoba membagi ilmu tentang cara membuat postingan terjadwal. Entah itu mau sehari sekali, sehari dua kali, setiap jam, seminggu sekali atau kapanpun terserah Anda.
Pertama yang harus dilakukan tentunya membuka akun blogger Anda dan langsung saja buat postingan. Lho, kenapa buat postingan ? Kan mau nanti aja ? Bukan itu maksudnya, jadi postingan terjadwal merupakan sebuah metode postingan yang Anda buat tersusun dan di terbitkan secara berkala oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Alexa atau lainnya. Kendalanya adalah Anda harus membuat postingan sebanyak-banyaknya dulu. Ya, sebenarnya tidak terlalu banyak juga tidak apa. Hanya saja jika Anda ingin membuat postingan dalam seminggu, dan dilihat agar tidak absen satu haripun Anda perlu membuat postingan terjadwal. Tentunya Anda perlu membuat postingan sebanyak 7 buah, jika Anda menginginkan Blogger secara otomatis menerbitkan postingan Anda itu. Dan pada hari ke-8, Anda bisa melihat bahwa dalam setiap harinya Blog Anda menerbitkan satu postingan baru.
Maaf kalau saya kebanyakan bicara, nah langsung aja ke TKP. Begini caranya, oh iya tadi sudah kan langkah pertama. Lanjut ke langkah kedua; Setelah selesai sebuah postingan, masih pada halaman yang sama, tepat di atas tombol Terbitkan Entri tekan pranala Post Opstions. Kemudian cari tulisan Post tanggal dan waktu dan pilih Dijadwalkan pada. Setelah itu tentukan waktu Anda ingin menerbitkan postingan itu. Ingat ! Format tanggalnya bukan seperti biasa, tanggal-bulan-tahun. Tetapi menggunakan kode tahun-bulan-tanggal. Salah-salah menulis Anda malah meminta blogger untuk menerbitkannya puluhan tahun lagi, hahaha….. Dan tentunya isi jam berapa Anda ingin menertbitkan postingan itu. Dan terakhir adalah tekan tombol Terbitkan Entri. Jangan Anda tekan Save Now. Karena kapanpun Anda menjadwalkan postingan Anda bila tidak diterbitkan tidak akan terbit.
Demikian sekedar tips dari saya, semoga bermanfaat dan tunggu kabar selanjutnya.