Anda tentu kesal bila melihat tulisan sendiri di copas / plagiat oleh orang lain. Apa lagi bila tulisan yang kita tulis itu sepi pengunjung sedangkan plagiat-annya itu ramai dikunjungi orang, sumpah dah… Panas tuh ubun-ubun. Memang era sekarang, semua orang dengan mudah membuat sebuah blog. Hanya dengan meregistrasi sedikit bila memiliki akun google dan jadilah sebuah blog.

Tak jarang dari orang-orang yang malas membuat sebuah tulisan mereka copas dari orang lain. Yang jadi masalah ini adalah tulisannya itu sama persis, ngopas kok nggak mikir-mikir, hehehe…. Ya, ternyata cukup penting lho copas itu. Dalam hukum internet berbunyi bahwa “Barang siapa kebanyakan ngopas punya orang, apalagi setiap hari dilakukannya. Niscaya akun bloggernya akan di banned Google”. Nah lo, apa nggak ngeri tuh ? Hilang deh akun blogger ente. Hehehe…
Masih seperti yang dulu, kebanyakan ngomong. Tapi sekali lagi saya berpesan, jangan copas ya… Namun bila Anda mencurigai bila postingan Anda dicopas silakan ikuti petunjuk yang satu ini, siapa tahu bisa membantu. Caranya sangat gampang, Anda hanya perlu masuk ke alamat http://www.copyscape.com/ dan tulis alamat blog atau web Anda. Tunggu beberapa saat, bila terjadi kemiripan sang website akan melacak keberadaannya.
Nah, bila Anda berminat sekalian aja pasang bannernya di blog Anda. Caranya lihat menu di pojok sebelah kanan yang bertuliskan Products, kemudian pilih Anti-plagiarism Banner dan tekan. Lalu akan muncul beberapa banner, pilih salah satunya yang Anda mau / sesuai dengan Anda, tekan banner yang Anda mau, nanti akan ada kode yang harus Anda kopi. Pasan ke blog Anda dan selesailah semua tugas saya. Hehehe…
Ya, akhir kata semoga tips ini sedikit membantu Anda dalam mendeteksi Postingan yang di copas oleh orang lain. Dan saran saya lagi STOP COPAS !