File atau berkas adalah salah satu hal yang penting pada Photoshop, baik berkas berupa foto atau gambar maupun berkas yang masih kosong. Berkas atau file yang sudah berupa gambar atau foto mudah saja umumnya memiliki ukuran dengan resolusi tertentu. Berbeda dengan berkas atau file baru yang masih kosong, ukuran dan resolusi serta pengaturan yang lainnya.
Nah, pada kesempatan kali ini kita mencoba untuk membuat file baru pada Photoshop. Terutama bagi kawan-kawan yang masih belum familiar dengan Photoshop. Ikuti langkah-langkah berikut ini. Langsung aja ya ke TeKaPe.

Pertama, Buka Photoshop Anda.
Kedua, Pilih salah satu cara yang menurut Anda paling mudah.
Cara 1 : buka menu file > new.

Cara 2 : tekan kombinasi tombol Ctrl dan N pada keyboard Anda
Ketiga, Akan timbul kotak New seperti dibawah ini. Isi sesuai semua kolom yang tersedia sesuai dengan keperluan Anda, dan tekan OK !
Keempat, File baru akan segera terbuka dengan layer yang masih polos atau kosong, bila anda mengisi data seperti diatas.

Tips membuat file baru di Photoshop dengan pengisian kolom :
Name : berguna untuk memberi nama file baru Anda.
Preset : berguna untuk menentukan ukuran panjang dan lebar file sesuai dengan standar yang ada, misal Preset diset pada International Paper dan menggunakan size A3. Namun bila Anda ingin menggunakan ukuran yang Anda sesuaikan pilih saja Custom.

Size : berguna untuk menentukan besaran ukuran kertas yang digunakan, ini tergantung dari Preset yang digunakan. Artinya bila menggunakan preset International Paper maka akan menggunakan size A6, A5, A4, A3, B5, B4, B3, dll. Bila Anda menggunakan preset custom maka kolom size tidak akan berfungsi dan dapat disesuaikan melalui kolom Width dan Height.
Width dan Height : berguna untuk memberikan besaran terhadap file yang akan dibuat. Anda pun dapat menyesuaikannya dalam berbagai jenis ukuran mulai dari pixel, inci, mm, cm, dll.
Resolution : berguna untuk mengukur kedalaman warna file yang anda buat, standarnya resolusi yang digunakan adalah 72 pixel/inci. Anda dapat menyesuaikannya dalam berbagai ukuran dan jenis ukuran, baik pixel/inci atau pixel/cm.
Color mode : berguna untuk melakukan memformatan kode warna yang digunakan. Bila Anda ingin membuat gambar hitam putih maka dapat menggunakan color mode Grayscale dengan kekayaan warna yang dapat disesuaikan, misal saya menggunakan 8 bit.

Background Contents : berguna untuk melakukan pewarna langsung pada background file yang akan dibuat. Bila Anda tidak menginginkan itu pilih saja Transparent.

Demikian tips dan teknik Photoshop kali ini, semoga bermanfaat.